Apakah ada Pengaruh Reward Terhadap Semangat Belajar Anak? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, kami telah membahasnya secara ringkas pada kesempatan kali ini.

Semangat belajar anak mungkin bisa naik turun. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor.

Anak juga mungkin bisa mengalami rasa bosan dan malas ketika terus menerus belajar dalam waktu lama.

Apalagi di masa pandemi Covid 19 yang mengharuskan mereka belajar dirumah, yang sudah berjalan selama beberapa waktu.

Tidak sedikit siswa mengaku jenuh, karena terus menerus belajar secara daring dirumah, tak berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman temanya di sekolah.

Tentu ada perbedaan belajar di rumah dengan belajar di sekolah. Di sekolah, rasa semangat bisa bertambah karena selain belajar, juga bersosialisasi bersama teman teman.

Pengaruh Reward Terhadap Semangat Belajar Anak

Jika anak anak mengalami penurunan semangat belajar, apa yang biasanya dilakukan orang tua untuk “memulihkan” semangatnya?

Sebagian orang tua memberikan berbagai reward atau penghargaan kepada anak sebagai upaya membuat si kecil kembali semangat belajar.

Pemberian hadiah bisa beragam. Ada yang memberikan yang anak anak sukai seperti mainan favorit, hingga mengajaknya liburan sejenak. Lalu, bagaimana sebenarnya pengaruh reward terhadap semangat belajar anak?

Pemberian  reward bisa saja mempengaruhi semangat belajarnya. Anak akan merasa senang jika diberi hadiah apalagi hadiah itu merupakan yang dia sukai.

Tips Memberikan Reward Untuk Mendorong Anak Semangat Belajar

Jika anda sebagai orang tua melihat anak anda sedang mengalami penurunan semangat belajar, mungkin bisa mencoba memberikan reward kepadanya untuk menyenangkan hatinya sehingga ia kembali semangat belajar.

Beberapa tips dalam memberikan hadiah kepada anak berikut ini bisa anda coba. Sehingga tepat sasaran.

·         Tips pertama, berikan reward ketika anak anda sedang mengalami penurunan semangat belajar. Beri dia hadiah yang paling dia sukai seperti mainan kesukaannya, makanan, atau ajak anak liburan jalan jalan jika memungkinkan dan tentunya ini hal sangat menyenangkan bagi dia.

·         Tips Kedua, berikan reward kepada anak berupa barang barang yang dibutuhkan. Ini mungkin bisa seperti fasilitas belajar atau fasilitas hobi. Anda perlu melengkapi fasilitasnya. Karena mungkin saja rasa tidak semangat belajar anak karena fasilitas pendukungnya kurang. Maka dari itu, melengkapi fasilitas belajar bisa menjadi tips memulihkan semangat belajar anak.

·         Tips ketiga, berikan disaat ynga tepat. Ini berarti anda harus mengerti kapan tepatnya memberikan reward dalam waktu yang tepat. Tidak harus ketika anak sedang kelihatan mengalami penurunan semangat belajar. Hadiah juga bisa diberikan ketika dia sedang rajin sehingga makin termotivasi lebih giat lagi untuk belajar.

Anda bisa janjikan kepada anak jika rajin belajar, akan ada hadiah lagi untuknya. Tentunya anak akan senang sekali dan akan makin rajin belajar. Tips lainnya, anda berikan reward secara kejutan. Ini bisa membuatnya merasa senang, misalnya beri dia hadiah tepat dihari ulang tahunnya atau di hari hari spesial lainnya.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Terkait Semangat Belajar Anak

Pengaruh reward terhadap semangat belajar anak mungkin cukup besar, membuatnya kembali bersemangat belajar. Namun jika pemberian hadiah saja ternyata masih dirasa belum maksimal, ada hal penting yang harus anda perhatikan.

Yakni, pastikan bahwa anda terlibat dalam mengatasi masalah si kecil, kenapa dia malas belajar? Anda bisa menemaninya saat belajar, membantu memecahkan materi pelajaran yang sulit atau bisa juga mendatangkan guru privat ke rumah. Dengan cara ini, anak anda merasa didukung sehingga semangat belajar.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *