Proses belajar utama seorang anak berasal dari lingkungan keluarga. Terutama ibu, yang menjadi sekolah pertama bagi anak-anaknya. Namun, seiring berjalannya usia anak harus dibaurkan dengan banyak orang.

Salah satu kegiatan yang membaurkan anak dengan lingkungan sosial adalah sekolah. Saat anak masuk sekolah, orang tua sering kali ingin memberikan yang terbaik. Seperti halnya keinginan memasukan anak sekolah di sekolah umum atau sekolah Islam terpadu?

1. Sekolah Umum

Moms! Sebagai orang tua, pastinya kita ingin buah hati masuk ke sekolah seperti anak-anak kebanyakan, bukan? Hanya saja yang menjadi pertanyaan adalah si buah hati harus masuk ke sekolah umum atau sekolah yang berbasis agama?

Dilema yang besar sering kali membuat Moms harus berpikir lebih lama. Padahal setelah mengetahui apa yang sebaiknya diputuskan, Moms bisa langsung memasukan anak ke sekolah. Sepertinya memang harus tau kelebihannya dulu, deh antara kedua sekolah ini.

Pertama, sekolah umum. Sekolah umum pastinya ada banyak sekali jenisnya. Di antaranya adalah jenis sekolah negeri atau sekolah swasta. Nah! Moms bingung nih mana yang sebaiknya untuk sang buah hati?

Jadi singkatnya begini. Sekolah umum adalah salah satu tempat pendidikan formal yang digunakan untuk belajar para siswa. Kalau sekolah umum sebenarnya lebih condong ke arah ilmu dunia.

Sekolah umum juga ada pelajaran agamanya, sebenarnya. Hanya saja mau dibandingkan dengan sekolah Islam terpadu memang jauh beda. Sekolah umum jelas hanya ada minimal saja pelajaran agamanya.

Akan tetapi, sekolah umum juga kalau dilihat dari segi penampilan tidak mengharuskan siswinya untuk berkerudung, sekalipun tidak harus, pada dasarnya sekarang sudah banyak sekali sekolah yang siswinya berkerudung.

Kalau dibandingkan dengan sekolah islami, pastinya sekolah umum juga lebih awal pulangnya. Selain itu, kebanyakan mata pelajaran yang dijumpai adalah mata pelajaran yang bersifat keduniawian.

2. Sekolah Islam Terpadu

Selain sekolah umum, sering kali orang tua dibingungkan dengan pilihan sekolah Islam terpadu. Kalau dibandingkan dengan sekolah umum, sekolah Islam terpadu lebih mengutamakan keinginan orang tua.

Seperti halnya orang tua yang ingin akhlak anaknya baik, unggul dalam hal agama, maka dimasukan lah ke sekolah agama seperti sekolah Islam terpadu ini. Selain itu, sekolah agama biasanya mengadakan jam mata pelajaran tambahan.

Terutama mata pelajaran tambahan agama serta pelajaran tentang seputar akhlak keseharian anak-anak. Bukan hanya itu, biasanya anak-anak juga ada kegiatan sholat seperti halnya sholat Dhuha bahkan hingga sekolah sore.

Biasanya sekolah sore mengajak anak untuk mengenal lebih jauh tentang agama, yakni untuk belajar membaca Al-Qur’an, dan lain sebagainya. Maka tidak heran jika kita menjumpai sekolah-sekolah Islami, qnak-anaknya sering pulang sore.

Sekolah Islam terpadu menjawab seluruh kebutuhan orang tua untuk membuat anak semakin semangat dalam menempuh kehidupannya karena dibekali oleh pengetahuan agama. Bukan hanya itu saja, biasanya dalam hal bertingkat laku anak juga jauh lebih unggul.

Namun, pastinya sekolah seperti ini menguras cukup banyak uang karena kualitasnya yang jauh lebih unggul. Moms pastinya juga akan pikir-pikir dulu sebelum memasukan ananda ke sekolah ini, bukan?

Namun, dibandingkan dengan memasukan ananda ke sekolah umum dengan kualitas tingkat pembelajaran agama yang minim pastinya Moms akan lebih memilih sekolah Islam terpadu. Dengan begitu, belajar, sekolah dan mengaji sudah menjadi satu.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *